// kode iklan
*/
Siapa saja yang pernah menjadi mahasiswa
tentu masih ingat betapa sulit memperoleh buku-buku yang diwajibkan
un-tuk dipelajari maupun buku-buku bacaan kalau ia ingin lebih mendalami
bahan-bahan yang diberikan dalam kuliah. Kenyataan bahwa sebagian besar
buku wajib di Perguruan Tinggi adalah buku berbahasa asing, menambah
kesulitan untuk mengerti dan mempelajari isinya. Sepandai-pandai
seseorang menguasai bahasa asing, tentu akan lebih mudah memahami
se-suatu bacaan-apalagi pengetahuan psikologi dalam bahasa ibunya
sendiri daripada bahasa asing. Menjadi harapan penulis, agar buku ini
cukup memberikan dasar dan peganganbagi siapa saja yang ingin mendalami
per- mahasiswa anak, dan sudah barang tentu terutama untuk para
mahasiswa psikologi, pedagogi, sosiologi, samping atau ahli disiplin
pengetahuan lain Bagian Pertama menguraikan dasar-dasar pengertian dan
konsep melalui yang berhubungan dengan perkembangan anak Bagian
pendekatan dan orientasi pemikiran-pemikiran terbaru. Kedua menguraikan
bermacam-macam teori yang dikepolkan dalam teori perkembangan, sedangkan
Bagian Ketika membicarakan tokoh-tokoh yang mengemukakan aspek
perabangan. Pemilihan para tokoh disesuaikan dengan perkembangan dgan
internasiona yang ditandai dengan seringnya terdapat pembahasan,
penulisan, ataupun kritik terhadapnyabuku, majalah dan terbitan lain.
Beberapa teori oleh para tokoh tetapi sekarang ini tidak lagi banyak
dicarakan, meskipun sulit orang mengatakan bahwa teori-teori me reka
tidak benar, tidak lengkap; misalnya K. Lewin dan H. Wer ner, terpaksa
tidak diuraikan. Di samping itu seorang tokoh yang dewasa ini banyak
disebut-sebut di dunia internasional yakni Chomsky dengan teorinya yang
terkenal mengenai salah satu as. pek perkembangan yakni perkembangan
bahasa, agak sulit dite rapkan perkembangan bahasalain, termasuk bahasa
kita, bahasa Indonesia. Karena itu uraian mengenai N. Chomsky juga tidak
dicantumkan Dalam usaha menyelami pemikiran-pemikiran para tokoh dalam
buku ini, penulis mencoba menguraikannya sepraktis mung- kin, dan di
sana-sini menambah atau memperjelasnya dengan pe mikirannya sendiri.
Terjemahan langsung dari buku-buku baca an dengan demikian telah
diusahakan supaya tidak terjadi, meskipun pada pokok-pokok penting
seperti perumusan acapkali sulit dihindarkan; ini semata-mata supaya
pemikiran-pemikiran yang ingin disampaikan tetap utuh dan obyektif.
Peristilahan masih merupakan masalah; sebab itu istilah asing, meskipun
telah diusahakan agar diterjemahkan atau diganti dengan istilah sendiri
atau istilah resmi, masih tetap dipakai di sanaMenyusun buku ini
mustahil terlaksana tanpa waktu yang cukup dan bacaan yang memadai.
Penulis sangat ber kepada Prof. Dr. de So- ciale Wetenschappen, Vrije
Universiteit Kepala vakgroep Onlogie, Vrije Universiteit; dan Direktur
Paedo-logisch Instituut Amsterdam, yang tidak saja mengusahakan agar
keinginan penulis menyusun buku Amsterdam tercapai, tetapi juga tambahan
dan saran yang berguna dalam menyelesaikan buku Kepada Prof. Dr. H.
Verheul, Rector Magnificus Vrije Uni- versiteit dan Prof.
C. Boekesti
Dekan
Subfaculteit Psychologie, yang telah mengundang penulis dengan status
Guru Vrije Universiteit nakan berbagai fasilitas yang dipernyampaikan
terima kasih. Cecile G per, Direksi pada Paedologisch Instituut yang
selalu Sekretaris bantu penulis dalam menyelesaikan masalah-masalah
administratif, akomodasi dan transportasi selama penulis di Amsterdam,
penulis tidak lupa menyampaikan terima kasih pula. Dorongan moral
seringkali penulis peroleh dalam menghadapi cuaca kota Amsterdam dan
berbagai kesulitan penyesuaian diri, dari kakak penulis yang kebetulan
tinggal di negeri Belanda yakni keluarga Dr. Ko King Hien. Juga
rekan-rekan yang kebetulan sedang berada di negeri Belanda yakni Dra
Hera Lestari, Dra Ny. Judi Markum dari Psikologi UI. dan Dra Ny Endang
Ekowarni Sutrisno dari Fakultas Psikologi U.G.M.,a mereka semua penulis
ingin menyampaikan pula terima Ucapan a kasih juga disampaikan kepada
Prof. Dr. S. Sadli, Dekan Fakultas Psikologi telah mengizinkan penulis
meninggalkan tugas untuk menulis buku ini di Amsterdam. Pada akhirnya
kepada isteri tercinta Dra Ny. Yulia Singgih D. Gunarsa yang dengan
tabah telah merelakan penulis berpisah sementara dengan keluarga dan
menjadi ibu sekaligus ayah bagi anak-anak tersayang Sanya, Nanin dan
Ralph, penulis ingin mempersembahkan buku ini guna mengungkapkan rasa
terimakasih. doa, pengorbanan telah diberikan bukan pengorbanan yang
sia-sia.Amsterdam, Medio Jan. 1981 Vrije Universiteit
// kode iklan
jangan lupa iklannya diklik ya, to "ilmu sosial psikologi"
Post a Comment